Jumat, 14 Mei 2010

TMP akan dibangun di Lengkong Ulama

Sumber: Buletin Kampung Kita, Edisi : II/Mei2010
Laporan. M. Asri

Pemkab Tangerang merencanakan pembangunan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Lengkong Ulama, Desa Lengkong Kulon. Keseriusan Pemkab Tangerang ini dibuktikan dengan dilakukannya survey lokasi ke komplek pemakaman Arya Wangsakara yang dipimpin oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang H. Atep Wahyu, senin (21/4/2010).

Langkah ini diambil karena keberadaan TMP Seribu yang terletak di Serpong secara geografis masuk kedalam wilayah Pemkot Tangerang Selatan. Untuk itu Pemkab Tangerang harus mempersiapkan TMP baru yang dapat dijadikan lokasi bersejarah.
“Komplek Pemakaman Arya Wangsakara adalah salah satu tempat yang diajukan untuk TMP Kabupaten Tangerang“, ungkap H. Atep Wahyu di sela-sela kunjungannya yang didampingi Kepala disporabudpar, H. Komarudin, Camat Pagedangan H. Soma Atmaja.

Ditambahkan Atep, tim yang melakukan survei merupakan tim yang ditugaskan untuk mencari data-data di lapangan. “Penentuan Lokasi TMP tetap merupakan kewenangan Pak Bupati,” Imbuhnya. Hal senada diungkapkan H. Komarudin, menurut dia berdasarkan hasil riset, sejarah Kabupaten Tangerang tidak dapat dipisahkan dengan Arya Wangsakara. Camat Pagedangan Drs. H. Soma Atmaja menyambut positif rencana tersebut. “Lengkong Kyai merupakan wilayah yang memiliki nilai-nilai historis, adanya rencana pembangunan TMP Kabupaten Tangerang di Lengkong Kyai bukan hanya dapat melestarikan cagar budaya dan sejarah tapi juga ke depan dapat dijadikan sebagai wahana transformasi ilmiah bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat”, paparnya.

Ditemui secara terpisah, kepala Desa Lengkong Kulon Moh. Faiz mengharapkan secara serius Lengkong Kyai dapat dijadikan TMP Kabupaten Tangerang, ‘kami mengharapkan rencana pembangunan TMP di Lengkong Kyai ini dapat segera dipastikan, adapun mengenai persiapan-persiapan teknis, pemerintah Desa Lengkong Kulon bersedia membantu secara maksimal,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar