Selasa, 06 Juli 2010

Sosok Pemimpin Ideal Menurut Pandangan Islam

Oleh KH.Ahmad Kosasih
Sumber: Buletin Kampung Kita

Sebagai Umat Islam sangat mengharapkan sekali seorang pemimpin yang ideal. Namun untuk saat sekarang, mencari seorang pemimpin yang ideal itu sangatlah sulit, karena untuk menjadi seorang pemimpin yang ideal menurut pandangan Islam ada 4 (empat) kriteria yang harus dimiliki, yaitu, memiliki kejujuran, memiliki sifat amanah, terbuka, dan memiliki ilmu.

Kriteria yang pertama, seorang pemimpin yang ideal harus memiliki kejujuran, kejujuran artinya antara ucapan dan hati harus sesuai dan harus dibuktikan dengan perbuatan.

kriteria yang kedua adalah seorang pemimpin yang ideal harus memiliki sifat amanah artinya dalam mengemban tugasnya sebagai seorang pemimpin haruslah dipercaya oleh bawahannya serta rakiyat yang dipimpinnya.

Kriteria yang ketiga adalah seorang pemimpin yang ideal hendaklah memiliki sifat terbuka atau tabligh artinya seorang dalam menjalankan kepemimpinannya harus terbuka sehingga bersama-sama dapat mengoreksi kekurangan dan kelebihan dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi, dan yang terakhir seorang pemimpin yang ideal hendaklah memiliki ilmu yang sesuai dengan jabatan kepemimpiannya (profesinya) sehingga segala kebijakan yang telah diputuskan dapat dilaksanakan dan dapat bertindak tegas.

Dari kriteria-kriteria tersebut yang dapat kita ambil contoh untuk seorang pemimpin pada sahabat-sahabat Rasulullah adalah khalifah Abu bakar Shiddiq yang memiliki nama sesunggguhnnya Abdullah bin Abu Quhafah bin Usman bin Amir bin Amru bin Ka'ab bin Saad bin Taim. Setelah Rasulullah SAW. wafat, kaum muslimin mengadakan pertemuan di Saqifah bani Sa'idah. Mereka membicarakan siapa yang sepatutnya yang dapat menggantikan Rasulullah dalam memimpin kaum dan mengurusi persoalan umat. --CONTINUED--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar